Translate

Tuesday, June 7, 2016

Pengertian dan Contoh Paragraf Generalisasi, Kausalitas dan Analogi (tugas 4 )

Paragraf Generalisasi Lengkap - Paragraf generalilsasi merupakan paragraf yang meggunakan pendekatan induksi dalam kalimatnya. Dalam paragraf generalisasi, menyajikan fakta – fakta atau penjelasan –penjelasan pada kalimat –kalimat awal yang akan menggiring kesimpulan di kalimat terakhir. Oleh karenanya, paragraf generalisasi menggunakan pendekatan induksi (umum – khusus), yang memiliki ciri khas dengan penyampaian ide pokok di akhir paragraf yang sebelumnya diberikan fakta – fakta pendukung.

contoh
Kemajuan bangsa dapat dilihat dari sektor pendidikan. Pendidikan yang baik tentu didukung oleh sarana dan prasarana, kualitas guru, serta peran masyarakat dan pemerintah. Melalui pendidikan, kita dapat mengajarkan nilai – nilai yang luhur kepada generasi penerus bangsa. Perubahan – perubahan pada negeri kita juga terjadi dari proses pendidikan. Namun, masih banyak anak – anak negeri yang belum dapat mengenyam pendidikan dengan baik karena berbagai faktor. Oleh karenanya, pemerataan pendidikan harus menjadi prioritas dalam program pemerintah.

Analogi

Analogi adalah sebauh paragraph yang membandingkan dua hal dengan lebih banyak persamaan. Jadi singkatnya bahwa jika anda ingin membuat model paragaraf ini, maka diharuskan untuk bisa memikirkan 2 hal yang memiliki kesamaan. Proses inilah yang biasa disebut dengan proses berpikir induktif dimana pikiran akan bergerak untuk mengaraha ke pandangan umum hingga akhirnya menuju pada penjelasan yang khusus. Berpikir induktif seperti ini bisa dikatakan bahwa peletakkan gagasan utama adalah di awal paragaraf. Bagaimana? apakah anda sudah mulai mengerti akan pemahamana mengenai paragraph analogi? Nah, jika masih belum anda gambaran kurang jelas, langsung simak saja beberapa contoh dibawah ini dan jangan lupa untuk membacanya dengan seksama agar anda bisa menerapakanya secara langsung.

contoh
Hampir semua atlet yang ada melatihan kebugaran fisisik untuk menyehatkan tubuh sekaligus membentuk otot – ototo yang kuat dan lentur. Begitu pula yang dilakukan oleh tentara dimana harus memerlukan latihan fisik dalam melindungi masyarakat di tanah air ini. Keduanya juga membutuhkan mental yang kuat untuk melawan para musuh – musuh di lapangan. Oleh karenanya menjadi atlet dan tentara harus ada modal fisik serta mental yang kuat.

Kausalitas

Adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.

Contoh
Harga beras dan kebutuhan pokok lainnya melonjak tinggi. Kenaikan harga-harga tersebut mencapai dua kali lipatnya dari harga semula. Beberapa warung makan gulung tikar dan sebagian yang lain menaikkan harga dagangannya. Oleh karena itu, biaya hidup anak kost atau para perantau terutama di kota-kota besar bertambah mahal.

No comments:

Post a Comment